Salah satu tempat yang sering dikunjungi namun jarang sekali mendapat perhatian adalah kamar mandi. Kamar mandi selalu menjadi tempat rujukan utama setelah membuka mata, bahkan ketika hendak tidur pun selalu mengunjungi kamar mandi.
 
Menjadi tempat yang sering dikunjungi, tak heran jika kamar mandi menjadi salah satu sumber berkembangnya bakteri. Kamar mandi akan mudah sekali kotor dan menjadi sarang penyakit, bahkan terlihat sangat enggan untuk melakukan kegiatan d dalam kamar mandi. Berbagai macam noda membandel seperti jamur, lumut, karat, dan kerak dapat muncul secara bergantian.
 

1. Gunakan Garam

Garam dapur dapat berguna untuk mengatasi lumut yang membandel pada lantai kamar mandi. Gunakan garam grosok atau garam yang kasar yang banyak dijual di pasaran.
Caranya yakni dengan campurkan 3 sendok garam dengan 2 liter air. Panaskan air tersebut hingga mendidih dan juga seluruh garam larut. Siramkan larutan garam dan air yang masih panas tersebut pada permukaan lumut yang membandel. Langsung sikat hingga bersih.

2. Gunakan Asam Cuka

Cairan asam cuka sangat ampuh untuk mengatasi kerak yang membandel. Kerak pada kamar mandi muncul dikarenakan bekas sabun atau aliran air yang mengendap. Kini menghilangkan kerak pada kamar mandi bukan lagi merupakan hal yang susah, namun dapat dilakukan dengan mudah.
Cara paling mudah yakni dengan menggunakan cuka yang dicampur dengan air. Caranya campurkan cuka dengan air pada perbandingan yang sama. Kemudian siramkan pada sudut kamar mandi yang memiliki kerak membandel. Gosok hingga kerak tersebut menghilang. Jika memang kerak sangat susah hilang, sebaiknya langsung saja siramkan cuka tanpa campuran air dan sikat.

3. Air Lemon

Noda karat pada wastafel atau pangkal kran pada kamar mandi dapat dihilangkan dengan air lemon. Jeruk lemon mengandung zat asam yang sangat tinggi yang dapat mengatasi karat. Untuk hasil yang maksimal, gunakan garam dapur sebagai campurannya.
Cara menggunakannya yakni dengan campurkan perasan air lemon dengan garam. Kemudian oleskan pada kran yang berkarat. Biarkan hingga kurang lebih 2 jam, dan sikat atau gosok dengan kain lap hingga bersih.

4. Sitrun

Noda yang membandel pada lantai keramik dapat mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan sitrun. Seperti yang diketahui, sitrun merupakan cairan yang dapat digunakan untuk memutihkan pakaian.
Cara menggunakannya yakni sikat seluruh permukaan kamar mandi hingga bersih. Kemudian siram dengan air. Setelah itu taburkan sitrun pada bagian keramik yang bernoda. Biarkan sitrun tersebut mengangkat noda kurang lebih 30 menit. Kemudian sikat hingga bersih dari noda membandel tersebut.

5. Baking Soda

Cara selanjutnya jika terdapat noda kuning pada permukaan kamar mandi yaitu dibersihkan menggunakan baking soda. Biasanya noda kuning berada di bagian toilet atau tempat buang air besar.
Cara membersihkannya yakni dengan mencampur baking soda dengan cuka, kemudian menyiramkan ke seluruh permukaan toilet. Biarkan hingga 2 jam, kemudian sikat dan siram hingga bersih.
 
Itu tadi beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat kamar mandi seperti terasa baru kembali. Jangan malas membersihkan kamar mandi ya, agar hari-hari yang kita lalui tetap sehat. Karena bagaianapun juga kita tidak mungkin dapat dipisahkan dari yang namanya kamar mandi.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *