Menjadi tua memang sebuah siklus yang harus dialami oleh semua yang bernyawa, termasuk manusia. Ketika menjadi tua itu adalah sebuah hal yang pasti, tentunya kita tidak dapat menghindarinya. Namun kita dapat mencegah agar masa tua datang pada usia yang tepat.
Kebanyakan kini pada usia di atas 40 tahun sudah mengalami banyak gejala penuaan dini. Misalnya perubahan tekstur kulit, munculnya garis-garis halus di wajah, nyeri pada persendian, berkurangnya fungsi organ, serta berbagai penyakit yang mulai datang.
Penuaan dini selain disebabkan oleh suatu hal yang alami atau faktor usia, ternyata terdapat beberapa gaya hidup yang dapat memicu penuaan dini. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempercepat penuaan dini:
 

1. Mengonsumsi Minuman Ringan

Minuman ringan atau minuman yang berada dalam kulkas minimarket atau supermarket ternyata menjadi salah satu penyebab cepatnya penuaan dini. Minuman tersebut mengandung banyak sekali bahan kimia, mulai dari pengawet, pemanis, pewarna, perasa, soda bahkan alkohol.
Zat berbahaya tersebut dapat mengurangi kadar gizi yang sebenarnya sudah ada pada tubuh kita. Bukannya sehat, malah menimbun penyakit. Bahkan sistem kerja otak juga akan terganggu jika terus menerus mengonsumsi minuman ringan.
 

2. Tidak Merawat Kulit

Salah satu tolak ukur orang dikatakan sudah tua yakni dari kondisi kulit. Oleh karena itu, perawatan pada kulit sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya rajin membersihkan diri sebelum tidur termasuk mencuci muka, kaki, dan tangan adalah salah satu cara menjaga kesehatan kulit.
Bila sering beraktifitas di luar ruangan, selalu usahakan agar kulit terlapisi oleh pakaian atau dengan krim khusus anti sinar UVA yang dapat merusak lapisan kulit.
 

3. Posisi Tidur yang Salah

Hal yang sangat sepele namun berpengaruh besar pada cepatnya penuaan dini yaitu posisi tidur. Tidur dengan posisi telentang merupakan hal yang paling sempurna. Karena kulit tidak akan terkena tekanan atau beban tubuh yang menyebabkan keriput. Gunakan sprei dan juga bantal yang lembut, agar kulit tidak tertekan pada benda yang keras.
 

4. Makanan Instan

Hamburger, sosis, hotdog, kentang goreng, steak, dan berbagai makanan istan lainnya memberi peluang besar bagi penuaan dini untuk datang lebih cepat. Makanan yang terasa nikmat di mulut tersebut ternyata tidak baik bagi kesehatan, karena tidak mengandung nutrisi yang menyehatkan.
Sebaiknya ganti makanan instan yang biasa dikonsumsi dengan makanan yang alami, yang tentunya berasal dari alam dan mengandung banyak gizi.
 

5. Posisi Duduk

Hal lainnya yang dapat mempercepat penuaan dini yakni posisi duduk yang sering membungkuk. Ketika memang aktifitas tidak dapat dipisahkan dari kegiatan duduk, misalnya para pekerja kantor, para influencer, dan semua aktifitas yang memiliki waktu duduk terlalu lama usahakan menyempatkan diri untuk sejenak berjalan jalan.
Sesuai dengan beberapa penelitian, bahwa posisi duduk yang terlalu lama dapat memperpendek sel, artinya sel sel pada tubuh akan semakin cepat menua.
 

6. Menggunakan Sedotan

Menyedot minuman ternyata dapat membuat wajah terlihat tua. Karena dapat menyebabkan kerutan pada area mulut dan membuat mata menjadi sipit. Meskipun minum dengan sedotan dapat menyehatkan gigi karena tidak terkena minuman, namun dapat mengerucutkan mulut yang dapat menyebabkan garis bibir menjadi lebih banyak di sekitar mulut.
 

7. Sering Marah

Ungkapan yang tidak sengaja terucap ketika menghadapi orang yang marah yaitu “jangan marah, nanti cepat tua” ternyata bukanlah sebuah opini. Karena kadar emosi pada tubuh juga berpengaruh terhadap kondisi fisik. Orang yang suka marah, akan membuat rahang menjadi kaku, alis yang berkerut dan juga bahu yang merosot. Beberapa hal tersebut juga mempercepat penuaan dini.
 
Itulah 7 kebiasaan buruk yang dapat mempercepat penuaan dini. Sebaiknya kurangi kegiatan buruk tersebut dan ganti dengan aktivitas yang menyehatkan. Seperti berolahraga, jalan-jalan, berpikir positif, dan makan minum yang alami.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *