Betapa Pentingnya peran orang tua terhadap tumbuh kembang motorik anak, tentu butuh usaha yang sungguh sungguh agar anak berhasil membentuk pribadinya yang ulet , tangguh dan mandiri . Selama liburan sekolah anak anak butuh perhatian khusus dari orang tua , mengingat saat ini zaman IT berkembang pesat, kalau peran orang tua tidak ada maka bahaya jika anak anak dibiarkan bermain hp sendiri hingga lupa waktu. Karena itu disinilah peran orang tua , buatlah anak anda kerasan dirumah  dengan suasana yang menyenangkan. Ada beberapa Tips agar anak betah dirumah saat liburan sekolah .Adapun hal yang harus dilakukan oleh orang tua adalah :

1. Membuat Sesi Belajar Di Rumah  Yang Menyenangkan

Cara agar anak tidak bosan belajar di rumah yaitu dengan membuat sesi ini jadi lebih menyenangkan. Orang tua bisa membuat ruangan khusus untuk anak belajar selama proses belajar di rumah dilaksanakan. Siapkan pula perlengkapan sehingga suasana belajar di rumah mirip dengan di sekolah.
Mulai dari meja, kursi hingga buku-buku pelajaran. Orang tua juga bisa mengarahkan anak untuk melakukan jadwal belajar yang sama dengan di sekolah, Dan orang tua juga bisa memanfaatkan rumah belajar , jangan lupa tambahkan pula waktu istirahat dan bisa diselingi dengan game seru yang berkaitan dengan pelajaran.

2. Ajak Anak Melakukan Piket Bersama

Orang tua sebagai pengganti guru ketika belajar di rumah bisa menerapkan jadwal piket di sekolah yang dipindahkan ke rumah. Ajak anak untuk melakukan bersih-bersih rumah bersama-sama sebelum mengikuti pelajaran. Bisa dengan membersihkan ruang belajar atau kamar tidur. Jika kamu memiliki lebih dari satu anak, terapkan jadwal piket yang adil dan disiplin. Dengan hal ini orang tua bisa sekalian meringankan beban pekerjaan rumah.

3. Olahraga Sambil Bermain

Sejak sekolah diliburkan, siswa tentu tidak melakukan kegiatan olahraga sebagaimana mestinya yang dilakukan di sekolah. Oang tua bisa mengajak anak untuk melakukan olahraga sambil bermain di dalam rumah atau di luar rumah jika memiliki pekarangan yang luas.
Kamu bisa memberikan pilihan aktivitas olahraga seperti senam, bermain skipping, melakukan zumba atau olahraga kardio ringan. Basanya aktivitas olahraga adalah hal yang jadi favorit dilakukan di sekolah bagi anak-anak, jadi meskipun di rumah ah anak tetap bisa melakukan hal seru ini.

4. Lakukan Kegiatan Ekstrakurikuler Sederhana

Cara agar anak tidak bosan belajar di rumah selama Pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler sederhana di rumah. para orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan seperti melukis, membuat kerajinan dari barang bekas atau fotografi dengan media smartphone. Berikan waktu anak untuk fokus pada kegiatannya, sementara orang tua bisa melakukan kegiatan lain. Setelah anak selesai kegiatan, berikan penilaian secara objektif terhadap hasil karya anak.

5. Memberi  Rewards

Para orang tua jangan lupa memberikan penghargaan kepada anak berupa bintang atau poin dengan sistem yang unik. Agar tetap disiplin belajar bisa menerapkan sistem point saat anak melakukan suatu kegiatan belajar. Nanti di akhir bulan anak bisa mengumpulkan poin yang akan ditukarkan dengan sebuah barang yang diinginkan. Dengan cara ini tentu anak tidak akan merasa jenuh dengan pelajarannya, karena ada pencapaian yang ingin dilakukan.
Belajar di rumah tentu akan sangat berbeda rasanya bagi anak yang mengenyam pendidikan secara regular. jadi orang tua harus benar-benar mensiasati cara agar anak tidak bosan belajar dirumah , Semangat untuk para orang tua.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *