Pulse Oximeter

Selain air, yang menjadi komponen penyusun tubuh terbesar adalah darah. Darah yang ada di dalam tubuh bertugas untuk membawa berbagai sari makanan yang kita peroleh dari asupan makanan kita setiap harinya. Selain itu dalam komposisinya, darah juga membawa oksigen yang nantinya akan ditransfer ke seluruh bagian tubuh terutama otak kita. Meskipun oksigen juga bisa kamu dapatkan dari sistem pernapasan kamu. Dimana saat oksigen sampai pada sistem pernapasan kita yaitu paru-paru kita, oksigen tersebut nantinya juga akan di bawa oleh darah untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Apa sih kegunaan oksigen bagi tubuh kita? Oksigen yang ada pada tubuh kita akan dimanfaatkan sel untuk memproses perubahan zat-zat seperti glukosa menjadi energi bagi tubuh kita atau dalam kata lain oksigen akan membantu pembakaran dalam tubuh manusia. Selain itu, zat tersebut juga digunakan untuk menyuplai otak dan komponen gizi terpenting dalam tubuh. Apabila kelebihan ataupun kekurangan dapat menyebabkan berbegai penyakit seperti anemia, hipoksemia, dan bisa sampai kematian juga loh.

Solusi Pengukuran Kadar Kejenuhan Oksigen

Kejenuhan oksigen dapat di cek atau diukur loh, selain digunakan di tempat layanan kesehatan alat ini juga bisa dimiliki secara mandiri. Apakah alat tersebut? Ada beberapa alat salah satunya itu pulse oximeter, dimana pada alat tersebut bisa menampilkan kejenuhan oksigen dalam bentuk persen bersama dengan angka denyut nadi kita. Selain itu juga ada beberapa merek yang mempunyai parameter lengkap sesuai dengan kebutuhan kesehatan.

Gimana Sih Proses Pulse Oximeter Bekerja?

Pada dasarnya pulse oximeter bekerja ketika terdapat perbedaan pada penyerapan cahaya di hemoglobin dalam sel darah merah yaitu cahaya IR (near-infrared) dan cahaya R (Red). Melalui perbedaan tersebut sensor mengidentifikasi adanya deoksihemoglobin serta oksihemoglobin yang ada pada tubuh manusia dan dilakukan pengukuran kadar oksigennya. Sehingga pada saat akan melakukan pengukuran kadar oksigen dengan pulse oximeter, hasilnya akan sangat dipengaruhi oleh banyak hal seperti dari lancar tidaknya aliran darah pada tubuh dan adanya komponen darah yang berubah. Jika hal tersebut dari internal tubuh manusia, ada juga yang dari faktor eksternal seperti menggunakan cat kuku dan methylene blue (untuk pewarna biologis). Nah selain itu ada juga hal-hal yang perlu kalian waspadai ketika menggunakan alat pulse oximeter agar hasilnya tidak mengecoh. Hal tersebut yaitu ketika kamu mempunyai kejenuhan darah dalam tubuh yang di bawah kurang lebih 70%. Selain itu ada juga kondisi dimana pulse oximeter kesulitan mengidentifikasi SpO2 (intermittent dropouts) dan FO2Hb. Untuk kondisi eksternal yang perlu kamu perhatikan adalah pemasangan probe, kalau dari segi subjeknya kondisi seperti kejang akan menghasilkan angka ukur yang salah juga. Maka kamu perlu berhati-hati ketika akan menggunakannya, apalagi tanpa dampingan tenaga medis. Agar kamu mendapatkan hasil yang bisa menjadi acuanmu untuk tindakan selanjutnya.

Kriteria Pulse Oximeter

Jika kamu tertarik untuk mempunyai pulse oximeter, kamu juga perlu tau pertimbangan pertimbangan yang dibutuhkan ketika akan membeli pulse oximeter, agar pulse oximeter yang kamu beli tidak cuma Cuma dan berguna. Berikut kriteria yang perlu kamu perhatikan yaa:

  1. Pilih yang sudah terbukti keakuratannya dengan mengecek banyak review orang yang sudah membeli pulse oximeter
  2. Kamu perlu menyesuaikan alat dan fiturnya dengan kegunaan yang kamu inginkan
  3. Tidak kalah penting juga kamu mengecek kartu garansi produk pulse oximeter.
  4. Mengecek ketersediaan sparepart untuk pulse oximeter apabila mengalami kerusakan.

Pulse Oximeter Yang Bisa Kamu Pilih

Melihat antusiasme orang yang ingin mempunyai pulse oximeter, sekarang ini alat tersebut dapat kamu miliki dengan harga yang terjangkau dan dapat kamu beli di berbagai pusat perbelanjaan termasuk di online shop termasuk Blibli.com. Nah agar kamu tidak salah pilih dan mempertimbangkan kriteria di atas, berikut beberapa merek merek yang bisa kamu pilih untuk di pergunakan:

1. Merek Kingta

Produk dari produsen satu ini dikenal dengan nama Finger Pulse Oximeter Generation 2. Produk yang satu ini dapat kamu gunakan ketika ada di luar rumah seperti ketika bepergian, mendaki dan lain sebagainya. Kemudian produk ini juga mempunyai durability yang sangat tinggi seperti tahan panas matahari, tahan air, dan mempunyai lifetime yang panjang.

2. Merek Beurer

Pulse oximeter milik produsen Beurer dapat kamu temukan di Blibli dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan online shop lain yaitu berada pada kisaran 1,5jt ke atas. Keunggulan produk yang satu ini adalah dapat digunakan untuk mendaki, dapat pula disambungkan dengan perangkat komputer sehingga mampu mendapatkan hasil yang memuaskan. Nah produk yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk orang yang mengalami sleep apnea, gagal jantung, dan penderita penyakit berat lainnya.

3. Merek Elera

Yang satu ini merupakan salah satu pulse oximeter yang lebih terjangkau lagi harganya. Meskipun harganya yang lebih terjangkau, produk yang satu ini sudah mempunyai sertifikasi ISO dan juga terdiri dari 4 fitur atau parameter yang sangat penting salah satunya Oxygen Desaturation Index atau ODI. Nah di pasaran kamu bisa menemukan merk ini dengan sebutan Finger Pulse Oximeter 4 Parameters. Jangan ragu memilih yang satu ini karena merupakan keluaran Shenzhen Fitfaith Technology loh.

4. Merek Vinmax

Untuk menghasilkan pengukuran yang lebih akurat kamu juga bisa menggunakan Merek Vinmax atau yang dikenal dengan LED Pulse Oximeter. Karena produk ini mempunyai rating akurasi dari 70% sampai 100% pada parameter saturation oxygen kisaran 35% sampai 99%Produk ini dapat digunakan oleh siapa saja termasuk anak anak. Desainnya yang memisahkan sensor dengan layar membuatnya beda dari produk pulse oximeter yang lain.

5. Merek Biolight

Pada produk yang satu ini kamu akan menemukan desain yang menarik dan lebih cocok digunakan pada anak anak. Di produksi oleh Biolight, produk ini hadir dengan nama Biolight Fingertip Pulse Oximeter dan kamu bisa mendapatkannya juga di online shop dengan harga yang juga terjangkau. Selain mengukur kadar oksigen alat ini juga bisa kamu gunakan untuk mengukur denyut nadi pada anak anak dan juga dewasa. Dan produk ini sanggup bertahan selama 18 jam loh.

Penutup

Berdasarkan uraian diatas kamu sudah banyak memahami terkait pulse oximeter, baik itu tentang pengertiannya, kegunaannya, kriteria yang harus diperhatikan jika ingin membeli dan beberapa merek yang bisa kamu tinjau juga kualitasnya. Jangan lupa, tetap menggunakan alat pulse oximeter dengan bijak yaa, kalau bisa sesuaikan dengan saran tenaga medis atau yang berkompeten. Agar kamu tidak sia-sia membeli alat ini.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *