5 BUMN DENGAN PEMBELANJAAN TERBANYAK PADA PADI UMKM VIRTUAL EXPO 2021

Platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah yaitu PaDi UMKM berhasil mencatat total transaksi hingga Pukul 12:00 WIB pada Senin 22 Februari 2021 sebesar Rp. 3,219 Milyar. Fantastis bukan, dimana angka itu diperoleh dalam waktu seminggu pameran tersebut berjalan dan juga transaksi jual beli yang dijalankan sendiri oleh marketplace PaDi UMKM.

Platform digital pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini menyelenggarakan Virtual Expo bersama Kementerian BUMN yaitu sebuah pameran dagang yang dilaksanakan tanggal 15-22 Februari 2021 sebagai upaya perlindungan, pendampingan, dan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah UMKM Indonesia yang juga terdampak serius akibat adanya Covid-19. Langkah penyelenggaraan ini dirasakan sebagai Langkah yang cepat untuk menindaklanjuti peluncuran online marketplace PaDi UMKM Agustus 2020 lalu.

Berdasarkan kelompok buyer, lima transaksi dengan total nilai terbesar yang dibukukan oleh kelima BUMN yaitu PT Telkom Indonesia Tbk senilai Rp. 861 Juta, Pt Pembangunan Perumahan senilai Rp. 636 Juta, Pt Pegadaian Persero senilai Rp. 503 Juta, PT Waskita Karya Persero senilai Rp. 477 Juta, dan PT Pertamina Persero mencapai Rp. 397 Juta.

Yang patut untuk diapresiasi diantaranya peserta UMKM yang turut serta dalam platform atau wadah pengadaan barang dan jasa oleh Pemerintah ini adalah adanya lima nilai transaksi terbanyak adalah dari Muhammadiyah melalui CV Esa Medco Technology, sebesar Rp. 195,42 Juta, lalu bhayangkari melalui apotek Esa Farma sebesar Rp. 45,77 Juta, kemudian ada Hipmi lewat PT Joyci Nusantara Cemerlang dengan dana Rp. 20,93jt, selanjutnya ada juga yang berasal dari Dekranas lewat Kaloka Pottery dengan dana Rp.19,66jt dan terakhir ada Nahdhatul Ulama melalui PT Agalo Nema Sanindo sebesar Rp. 18,15 Juta.

Produk Unggulan yang menjadi penjualan terbaik pada platform digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini adalah kategori Supply kantor yang meliputi computer, printer, elektronik, dan ATK disusul oleh kategori alat Kesehatan yang terdiri dari masker medis, hand-santizer dan APD.

Menurut seluruh UMKM Exhibitor penyelenggaraan PaDi UMKM Virtual Expo pada platform digital pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini menambah peluang perluasan akses pasar dengan prospek kemitraan secara berkelanjutan dengan pelanggan korporasi, sehingga mendorong peningkatan daya saing melalui pengembangan portfolio pelanggan dan portfolio produk, sehingga secara keseluruhan berkontribusi langsung pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Keuntungan yang akan di dapatkan oleh pihak UMKM setelah bergabung dengan Pasar Digital inisiasi BUMN platform pengadaan barang dan jasa pemerintah ini adalah akses pasar pasti dari BUMN dimana pembelian akan terjadi secara jelas dan pasti untuk para pelaku usaha UMKM lalu keuntungan lainnya akses pasar dari dalam dan luar negeri dimana jaringan yang dibentuk oleh BUMN sudah terverifikasi dan aman untuk diolah data oleh para pelaku usaha UMKM, selanjutnya keuntungan lain yaitu terdapat feedback, informasi dan pembinaan untuk peningkatan kualitas produk yang dimana nantinya diharapkan para pelaku UMKM tidak hanya berkembang secara digital tetapi juga mampu mendorong bakat dan talenta mereka untuk lebih baik ke depannya.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *