promo popok bayi

Popok kain maupun yang sekali pakai tidak akan lepas dari kehidupan anak, mulai dari lahir hingga sampai usai lepas popok. Pada masa-masa ini kebutuhan popok memang sangat tinggi. Namun, Anda tidak boleh tergiur promo popok bayi murah. Harus tetap memperhatikan kualitas popok yang digunakan pada anak.

Keberadaan popok memang sangat membantu, tapi tidak selamanya popok harus digunakan si kecil. Ada masanya popok si kecil harus dilepaskan dan biasanya anak akan menunjukkan tanda ketika waktu lepas popok sudah tiba.

Waktu Si Kecil Terlepas dari Popok Ini Ada Tandanya

Harus diingat bahwa usia melepas popok pada anak akan berbeda-beda. Ada anak yang bisa melepas popok pada usia 18 bulan, tapi ada yang harus melewati masa 2 tahun sebelum dapat melakukannya. Nah, agar Anda mengetahui kapan si kecil siap melepas popol kenali tanda berikut:

1.     Anak Memberitahu Apabila Popok Basah

Salah satu indikasi yang membuat Anda mengetahui tanda si kecil mulai siap melepaskan popok adalah inisiatif si kecil ketika popoknya basah. Ketika anak mulai memberitahukan kepada orangtua atau pengasuhnya jika popok basah, artinya ia mulai merasa risih dengan keadaan tersebut dan bersiap melepas penggunaan popok.

2.     Anak Mulai Mau Menggunakan Kamar Mandi

Tanda lain yang ditunjukkan anak sebagai indikasi mulai ingin melepaskan popok adalah ketertarikan anak terhadap kamar mandi. Anak mulai bertanya fungsi kamar mandi dan lebih tertarik untuk menggunakannya.

Namun, indikasi ini tidak serta merta membuat Anda harus melepaskan popok anak. Coba lakukan bertahap dan tetap stok popok di rumah untuk anak Anda. Jangan lupa gunakan promo popok bayi di toko online kesayangan untuk mendapatkan harga lebih hemat.

3.     Anak Memiliki Kesadaran untuk Buang Air Besar atau Kecil

Satu tanda lainnya adalah anak mulai merasa risih buang air di popok dan memberitahu orangtua atau pengasuhnya ketika ingin buang air. Ada juga anak yang langsung pergi ke toilet sendiri untuk buang air atau memberikan tanda-tanda tertentu.

Jangan Lakukan Ini Saat Membiasakan Anak Lepas Popok

Apabila anak sudah menunjukkan tanda bisa lepas popok, orangtua harus memberikan dorongan psikologis dan sikap untuk membantu. Dalam proses ini, orangtua tidak boleh melakukan hal-hal berikut:

1.     Memarahi Anak

Proses lepas popok pada anak membutuhkan kesabaran. Jika anak masih mengompol sembarangan, Anda jangan langsung memarahinya. Namun, berikan pengertian sehingga anak mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan.

2.     Melepas Popok Saat Malam Hari

Pada masa transisi lepas popok, banyak orangtua menyangka apabila melepas popok pada malam harus akan membantu si kecil. Padahal tindakan ini kurang tepat jika dilakukan. Sebab ada anak yang belum siap, apalagi di proses awal pembelajaran.

3.     Memaksa Anak Menggunakan Kamar Mandi

Menggunakan kamar mandi atau toilet untuk pipis dan BAB bagi anak membutuhkan proses dan tidak dapat dilakukan dengan paksaan. Orangtua harus sabar dalam mengajari dan memberikan contoh yang baik.

 

Selain pengetahuan mengenai tanda si kecil lepas popok, banyak pengetahuan lain mengenai cara terbaik mengasuh anak yang perlu diketahui. Membaca artikel parenting merupakan salah satu cara mendapatkan pengetahuan tersebut. Selain mengetahui berbagai informasi tumbuh kembang anak, juga bisa mendapatkan informasi mengenai promo popok bayi dan perlengkapan lainnya.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *