khasiat daun katuk

daun katuk termasuk dalam jenis tumbuhan semak yang pada dasarnya memang cukup mudah untuk dijumpai. Biasanya ia memang sengaja dibudidayakan di pekarangan rumah, sehingga jika ingin mengonsumsi sayur yang kaya akan manfaat tinggal mengolah daun katuk ini saja. Memang benar jika seandainya khasiat daun katuk begitu banyak bagi kesehatan, di samping rasanya sendiri memang begitu nikmat. Sehingga tak heran jika seandainya banyak diantara produk suplemen herbal yang mengandalkan daun yang satu ini sebagai bahan produk mereka. Belum lagi dengan harganya yang relatif murah meriah.

Daun katuk ini dapat diolah dengan mudah yaitu dengan merebusnya sebentar kemudian dimakan bersama dengan sambal sebagai lalapan, ataupun Anda juga bisa memilih untuk menjadikannya sebagai sayur, dimasak dengan beragam jenis rempah lainnya untuk cita rasa yang lebih nikmat. diantara kalangan yang sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya adalah ibu-ibu hamil dan juga yang sedang menyusui. Berikut ini diantaranya ada beberapa khasiat daun katuk  untuk wanita hamil dan menyusui yang patut untuk diketahui, yaitu:

 

  1. Meningkatkan produksi asi, di dalam daun yang satu ini memang terdapat sebuah senyawa yang mampu untuk merangsang produksi dari hormon prolaktin dan juga oksitoksin, dimana kedua hormon tersebut memang memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan produksi asi, sehingga nantinya kian lancar. Jadi tak perlu lagi beli suplemen untuk asi booster jika seandainya sudah ada daun katuk ini di rumah, cukup diolah dan dikonsumsi saja.
  2. Mengurangi tekanan darah, kalium yang terdapat dalam daun ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menetralkan kalium yang mana hal ini berpotensi untuk menyebabkan tekanan darah tinggi. Pada wanita yang sedang hamil kondisi semacam ini tentunya berbahaya, karena memang bisa memicu terjadinya preeklamsia.
  3. Mengatasi anemia, kondisi semacam ini memang kerap dialami oleh wanita yang sedang hamil, juga hal yang harus diwaspadai, karena beresiko besar bagi janin yang sedang dikandung. Konsumsi dari daun katuk ini sendiri memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga hal tersebut efektif untuk membentuk kembali sel-sel darah merah dan cegah terjadinya anemia.
  4. Membantu jaga berat badan, masa hamil dan menyusui memang bisa dikatakan saat yang begitu buruk bagi seorang wanita, dimana berat badan akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi, sehingga pastinya berdampak pada penampilan. Namun jangan khawatir karena ternyata dengan mengonsumsi daun katuk ini sendiri bagus untuk menjaga kenaikan berat badan. Sehingga penampilan Anda juga tidak akan berubah menjadi gendut.
  5. Cegah diabetes, wanita yang sedang hamil nyatanya juga rentan mengalami kenaikan atau lonjakan gula darah, hal ini dikenal juga sebagai diabetes gestasional, dimana hal tersebut hanya terjadi pada wanita hamil. Tentunya hal ini cukup berbahaya bukan dan bisa berdampak fatal jika tidak segera ditangani. Dengan mengonsumsi daun katuk ini secara rutin membantu untuk menjaga indeks glikemik gula darah agar tetap normal.

 

Banyak bukan khasiat daun katuk khususnya untuk wanita hamil dan menyusui, sehingga tak perlu ragu lagi jika ingin menggunakannya, apalagi sekarang juga sudah tersedia produk yang lebih praktis untuk digunakan, tanpa harus mengolahnya kembali, yaitu Herbana ekstrak daun katuk, 100 persen berasal dari daun katuk murni yang tentunya akan untuk digunakan.

 

 

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *