klinik dokter gigi terbaik Jakarta

Bukan hanya tumbuh kembang pada anak yang diperhatikan, tapi Bunda juga tidak boleh lewat dengan masalah gigi yang sering terjadi pada si kecil. Hal yang tidak kita sadari adalah bahwa masalah gigi anak dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar seperti infeksi, masalah makan, masalah perkembangan bicara, masalah dengan perkembangan mental dan sosial dan kadang-kadang bahkan masalah kematian (lifestyle.bisnis.com). Untuk mencegah sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Bunda bisa mengajak si kecil memeriksakan kesehatan giginya di klinik dokter gigi terbaik Jakarta. Ketika di klinik, dokter gigi akan memeriksakan gigi anak dan akan menyarankan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisinya.

Sebelum akhirnya terlambat, ada baiknya Anda sebagai orang tua untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi anak kepada dokter gigi. Berikut permasalahan gigi yang patut diketahui oleh para orang tua.

Kerusakan gigi

Gigi pada anak lebih sensitif dibandingkan gigi pada orang dewasa. Jika anak tidak menyikat gigi dengan benar maka akan merusak giginya. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka disarankan untuk selalu mengingatkan anak untuk menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride. Selain itu, biasakan lakukan pemeriksaan rutin setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi.

Penyakit gusi

Gingivitis atau penyakit gusi biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak. Tapi ternyata hal ini bisa menyerang pada gusi anak. Mulai dari sekarang, tidak hanya gigi, Anda juga harus sering memeriksa keadaan gusi anak Anda. Jika gusi pada putra dan putri Anda berwarna merah, bengkak, atau mungkin ada mengeluarkan darah, maka ini adalah tanda-tanda dari penyakit gusi yang menyerang sejak dini.

Gigi yang tidak sejajar

Tidak hanya hal di atas yang sudah disebutkan, ada juga masalah ketidaksejajaran pada gigi yang kemungkinan diakibatkan oleh kehilangan gigi atau karena adanya kegiatan menghisap dot atau jempol yang berlebihan. Gigi yang tidak sejajar ini akan menimbulkan rasa sakit dan masalah rahang yang berpengaruh pada kegiatan mengigit. Biasanya akan disarankan untuk melakukan perawatan ortodontik untuk mengatasi hal ini.

Gigi yang sensitif

Mulai dari sekarang, perhatikan makanan apa saja yang anak Anda makan. Soda dan makanan manis adalah makanan yang sebaiknya harus Anda awasi jika dikonsumsi pada anak. Pasalnya makanan dan minuman ini bisa merusak email yang akan membuat lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin serta lebih mungkin untuk membusuk. Sebelum hal ini terjadi, ingatkanlah anak Anda untuk membatasi konsumsi dari makanan dan minuman yang dapat merusak email dari giginya.

Dengan memperhatikan kesehatan gigi pada anak sedari dini, dapat menghindari  anak dari berbagai masalah gigi yang dapat mengganggu kesehatan pada sang anak di masa depan.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *