Gerakan pendinginan

Gerakan pendinginan setelah melakukan olahraga tidak boleh Anda anggap remeh, karena memiliki banyak sekali manfaat bukan hanya untuk mencegah cedera tapi bisa juga untuk membantu tubuh Anda mengalami rasa nyeri setelah melakukan olahgara.

Pada saat kita berolahraga semua otot yang ada di tubuh ini berubah menjadi hangat karena ada gerakan yang menggunakan kecepatan tinggi. Manfaat dari pendinginan ini bisa untuk meningkatkan rentang gerak otot, jadi tidak akan terjadi luka dan peregangan otot di kondisi hangat.

 

Gerakan Pendinginan setelah Olahraga

Penndingian setelah olahraga ini bisa membantu untuk mengurangi kelelahan otot, mencegah stress, dan melatih fleksibilitas otot. Lalu gerakan seperti apa yang bisa Anda coba? Yuk kita lihat beberapa gerakannya di bawah ini:

  • Peregangan Kupu-Kupu

Gerakan yang pertama ini merupakan gerakan yang paling mudah untuk di coba, untuk melakukan peregangan kupu-kupu ini Anda hanya perlu duduk di lantai kemudian menekuk kedua kaki Anda ke dalam hingga kedua telapak kaki saling berhadapan. Jika dilihat secara sekilas gerakan yang satu ini seperti duduk bersila. Jika sudah Anda bisa menekuk tubuh Anda ke depan untuk meningkatkan intensitasnya. Tahan gerakan yang satu ini selama 30 detik.

  • Posisi Kepala ke Lutut

Gerakan yang satu ini merupakan gerakan yang cukup umum, cara melakukan gerakan ini adalah dengan duduk kemudian tekuk kaki kanan Anda ke dalam dan biarkan kaki kiri tetap lurus. Jika sudah tekan telapak kaki kanan Anda ke paha kiri kemudian tekuk tubuh Anda kea rah kiri hingga kepala Anda menyentuh lutut. Perhatikan posisi bahu Anda supaya tetap sejajar dengan permukaan kemudian tahan posisi ini selama 30 detik jika sudah tukar posisi kakinya.

  • Peregangan Paha

Gerakan yang selanjutnya ini bisa Anda gunakan untuk pendinginan di bagian paha. Caranya adalah dengan bersdiri tegak kemudian tarik napas. Jika sudah tarik kaki kanan Anda ke arah belakang menuju ke bokong dengan menggunakan tangan. Rasakan tarikannya di bagian paha depan Anda, selagi melakukan gerakan ini jangan lupa untuk mengatur keseimbangan. Saat melakukan gerakan ini usahakan jangan memegang benda apapun selama 15 detik, jika sudah Anda bisa mengganti kaki Anda.

  • Peregangan Betis

Gerakan yang satu ini bisa Anda lakukan dengan berdiri tegak menggunakan kaki kanan di bagian depan dan kaki kiri di bagian belakang dan pastikan sejajar dengan punggung. Pastikan kedua kaki Anda menapak seluruhnya dan menghadap ke arah depan, jika sudah tekuk kaki kanan Anda secara perlahan dan turunkan kaki Anda sedikit demi sedikit. Rasakan tarikan dari betis di bagian belakang kaki kiri, ulangi gerakan ini selama 15 detik untuk setiap kaki.

  • Peregangan Hamstring

Gerakan yang satu ini masih menggunakan posisi kanan di bagian depan dan kaki kiri di bagian belakang, caranya adalah dengan menekuk kaki kiri sedangkan kaki kanan Anda tetap lurus. Posisikan tangan Anda di pinggang kemudian angkat kaki bagian depan dan juga telapak kaki Anda hingga yang menempel di lantai bagian tumitnya saja. Tekuk badan Anda sedikit kea rah kaki kanan dengan posisi kaki kiri Anda menekuk. Tetap jaga punggung Anda untuk terus lurus selama melakukan gerakan ini. ulangi setiap 15 detik untuk masing- masing kaki.

  • Peregangan Low Lunge

Gerakan yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan, caranya sangat mudah yaitu dengan menekuk lutuk kanan dan biarkan kaki kiri tetap lurus. Posisikan kedua tangan  di permukaan kemudian tekut tubuh Anda kebagian depan hingga 90 derajat. Tahan gerakan ni selaa 60 detik sebelum Anda menukarkan kaki.

By cine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *